Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Ibu-Ibu Kreatif Dusun Tengah Buka Stan di Festival Budaya Nansarunai Jajaka

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Agustus 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Selain menampilkan antraksi budaya seperti tarian tradisional, carnaval kostum bertema gelang serta lomba permainan rakyat dan olahraga tradisional, Festival Budaya Nansarunai Jajaka Kabupaten Barito Timur yang digelar tanggal 20-22 Agustus 2022 juga menyediakan stan bagi pelaku UMKM untuk memamerkan atau menjual produknya.

Salah diantara pengisi stan yang disiapkan panitia adalah Komunitas Ibu-Ibu Kreatif Dusun Tengah. Komunitas ini beranggotakan 10 pelaku usaha di bidang produksi makanan olahan maupun kerajinan.

"Produk yang dihasilkan komunitas kami ada gula merah, keripik, peyek tempe, peyek bayam dan makanan ringan lainnya. Kemudian ada juga pelaku usaha bedak dingin, kerajinan tas serta katering," ungkap Ketua Komunitas Ibu-Ibu Kreatif, Sumarti saat diwawancarai di lokasi festival, Senin, 22 Agustus 2022.

Dia mengapresiasi penyelenggara festival yang telah menyediakan tempat khusus untuk pelaku UMKM agar dapat mengenalkan produknya kepada pengunjung festival.

"Kami berharap ini menjadi agenda rutin serta pada even-even lain yang diadakan pemerintah daerah maupun pihak swasta komunitas kami juga bisa diundang untuk terlibat memeriahkan acara tersebut,' pintanya.

Menurut Sumarti, komunitas yang dipimpinnya memiliki visi untuk terwujudnya Kecamatan Dusun Tengah sebagai pusat oleh-oleh Barito Timur yang sehat, berkualitas dan berdaya saing.

"Sedangkan misi komunitas kami yaitu menjalin silahturahmi sesama pengrajin atau pelaku usaha dan meningkatkan kapasitas pengrajin melalui bimbingan teknis dan pelatihan," ungkapnya.

Kemudian membina koordinasi antar komunitas, antar kabupaten dan berkoordinasi dengan
dinas teknis yang membidangi maupun badan usaha lainnya.

'Kami juga ingin komunitas ini menjadi wadah untuk memasarkan dan promosi hasil produksi ekonomi anggota dan menjadi wadah untuk menyediakan alat-alat produksi," lanjut Sumarti. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru