Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Madu Muncul Dekat Permukiman Warga, BKSDA Kalteng Pasang Perangkap

  • Oleh Apriando
  • 08 September 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng memasang perangkap beruang madu di wilayah Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Pemasangan tersebut tindak lanjut dari laporan masyarakat tentang kemunculan beruang madu dekat permukiman warga. Bahkan, sempat merusak koloni lebah madu milik warga yang juga merupakan salah satu anggota Kelompok Tani Hutan Madu Alam.

Plt Kepala BKSDA Kalteng, Handi Nasoka melalui Kepala seksi Konservasi Wilayah I Palangka Raya, Junaedy Slamet Wibowo mengungkapkan, seusai menerima laporan, Tim BKSDA Kalteng turun ke lapangan.

"Kemarin kita lakukan pemasangan perangkap dengan harapan membuahkan hasil, sehingga beruang madu dapat direlokasi di habitatnya yang lebih aman," katanya kepada Borneonews, Kamis, 8 September 2022

Pria yang akrab disapa Juned ini menerangkan, dari laporan warga, kemunculan dan serangan beruang madu ke koloni lebah milik petani  bukan cuma sekali, namun beberapa kali dalam rentan satu minggu terakhir.

Di samping melakukan pemasangan perangkap, juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk berhati-hati dalam beraktivitas. Jika ada melihat beruang madu, segera laporkan ke Tim BKSDA Kalteng.

Dia menambahkan, beruang madu merupakan hewan yang dilindungi dan keberadaan di alam kini sudah mulai langka. "Kepada masyarakat jika menemukan hewan yang dilindungi segera laporkan ke BKSDA Kalteng agar segera bisa ditindak lanjuti," imbaunya. (APRIANDO/B-7)

Berita Terbaru