Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Waspada Banjir Kiriman

  • Oleh Asprianta
  • 09 September 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tingginya curah hujan yang terjadi dalam minggu - minggu ini berpotensi menimbulkan banjir di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Khususnya daerah rawan banjir yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Kahayan.

Terlebih di hulu DAS Kahayan, yakni di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) telah terjadi banjir. Kendati demikian, untuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau hingga Jumat (09/09/2022) masih terbilang aman dari bencana banjir.

“Saya sudah koordinasi dan komunikasi dengan seluruh kepala desa di wilayah Kecamatan Banama Tingang, belum ada laporan terjadinya banjir. Sampai saat ini wilayah Banama Tingang masih aman,” kata Camat Banama Tingang, Ngeok T Rasad, belum lama ini.

Kendati demikian Ngeok mengaku tetap waspada terhadap kemungkinan kiriman banjir dari Kabupaten Gumas.

“Mengingat di wilayah hulu Kahayan sudah banjir. Untuk itu, daerah rawan banjir di Kecamatan Banama Tingang tetap waspada,” kata dia.

Dia juga mengaku, dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala desa jika ada kenaikan debit air agar segera koordinasi dan lapor k Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau.

“Sehingga cepat dilakukan penanganan,” tandasnya.

Terpisah, Camat Kahayan Tengah Siswo saat dikonfi rmasi kondisi di wilayahnya yang rawan banjir mengaku, hingga Senin (5/9) belum ada daerah yang terendam. “Untuk saat ini masih aman. Belum tahu untuk beberapa hari ke depan,” kata Siswo.

Hal senada juga diungkapkan Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulang Pisau Moh Insyafi . Menurut dia, jika intensitas hujan masih tinggi, debit air di wilayah hulu diperkirakan akan naik 1 sampai 2 hari ke depan. 

“Saat ini hanya ada 1 RT di Desa Tangkahen yang terdampak banjir,” kata Insyafi.

Berita Terbaru