Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Ini Minta Pemda Perkuat Sinergi Tangani Penyebab Bencana di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 12 September 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat mempekuat sinergi dalam upaya menangani berbagai penyebab terjadinya bencana di Kalteng, ini terutama banjir.

Dia mengungkapkan, ada sejumlah penyebab terjadinya banjir yang patut menjadi perhatian pemda di provinsi ini, yaitu mulai dari pendangkalan sungai sampai dengan masalah alih fungsi lahan. Hal itu menurutnya perlu ditangani secara bersama.

"Antara pendangkalan sungai dan alih fungsi lahan ini memiliki keterkaitan. Pendangkalan sungi bisa saja terjadi akibat pembukaan lahan karena alih fungsi menjadi area perkebunan atau pertambangan. Penyebab inilah yang harus segera ditangani," ucapnya, Senin, 12 September 2022.

Dirinya berharap, dalam pelaksanaannya, ada rencana konkret dari pemerintah terutama dalam membuat rencana jangka panjang, sehingga bencana ini tidak terus terjadi, apalagi ketika masuk musim penghujan.

Menurutnya, apabila pemda tidak memiliki rencana jangka panjang untuk mengatasi persolan itu, maka sangat merugikan bagi daerah setiap kali terjadi bencana banjir. Sebab, hal itu akan berdampak pada perekonomian, pembangunan, kesejahteraan, serta kesehatan masyarakat.

"Penanganan tidak bisa menunggu momen saja, maksudnya ketika bencana terjadi baru bergerak. Kalau seperti itu, maka akan sangat merugikan tidak hanya masyarakat tapi juga kerugian bagi daerah. Jadi persoalan seperti ini perlu ada solusi jangka panjang dan dipikirkan mulai dari sekarang, sehingga bencana ini bisa dicegah," tuturnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru