Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta Pemda Perhatikan Pembangunan di Wilayah Barat Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 21 September 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legisaltor Kalteng, Sugiyarto meminta kepada pemda khususnya pemprov supaya dapat memperhatikan pembangunan terutama infrastruktur dan sektor kesehatan di wilayah Barat Kalteng salah satunya Kabupaten Sukamara.

Sugiyarto mengatakan, pembangunan baik itu infrastruktur maupun sektor kesehatan merupakan hal yang saling berkaitan. Sehingga perlu dibangun secara beriringan demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kalteng khususnya yang ada di Kabupaten Sukamara.

"Adanya infrastrukur yang belum memadai membuat akses pelayanan di daerah tersebut sangat terganggu terlebih untuk menjangkau fasilitas kesehatan, di mana jalan masih batu belah. Hal ini tidak hanya menyulitkan petugas tapi juga masyarakat setempat, jadi perlu diperhatikan pemda," ujarnya, Rabu, 21 September 2022.

Sugiyarto mencontohkan, seperti Puskesmas Muntai yang memiliki kendala infrastruktur jalan dan lokasi ini hampir berdekatan dengan Kotawaringin Barat ada posisi jalan yang tidak bisa diselesaikan pembangunannya dikarenakan lokasi itu masuk wilayah Kotawaringin Barat, apalagi jalan tersebut mengalami kerusalakan.

"Khawatir jika dibiarkan berlalut seperti itu akan merugikan masyarakat, terlebih jika ada yang ingin melahirkan akan mengakibatkan guncangan dan bisa membahayakan. Karena posisinya saling menyambung antar dua daerah, harapan kami ada penyelesaian terkait hal itu," ucapnya.


Tidak hanya itu, Sugiyarto juga mengharapkan adanya dukungan pemerintah dalam hal membangun rumah sakit rujukan untuk regional wilayah barat. Pasalnya, rumah sakit rujukan utama yang saat ini hanya ada di RSUD Doris Sylvanus yang memiliki jarak tempuh sangat jauh, yakni mencapai 10 sampai 12 jam.

"Kami ingin wilayah barat ini agar rujukan regionalnya untuk di Kobar, dan RS nya agar bisa ditingkat menjadi tipe A supaya warga yang mengalami penyakit dengan spesialisasi tinggi seperti, jantung dan lain-lain, bisa ditangani sengan cepat," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru