Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMP IT Arafah Pelajari Serba-serbi Aturan Lalu Lintas di Satlantas Polres Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 30 Oktober 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - SMP Islam Terpadu Arafah Sampit mengadakan kunjungan ke markas Satlantas Polres Kotim. Kegiatan pada Sabtu, 29 Oktober 2022 ini merupakan bagian dari program parent teaching di sekolah tersebut. 

"Parent teaching merupakan kegiatan yang diwadahi oleh wali murid untuk memberikan edukasi kepada siswa. Kali ini kita ke Satlantas Polres Kotim," ujar guru pendamping siswa SMP IT Arafah Rito Gustianda. 

Dari kegiatan itu diharapkan siswa mampu memahami fungsi Satlantas Polres Kotim secara lebih menyeluruh. 

Berbagai materi yang dipelajari siswa SMP IT Arafah Satlantas, salah satunya aturan lalu lintas. Misalnya saja, mekanisme pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), jenis-jenis SIM, masa berlaku SIM, hingga macam-macam sanksi pelanggaran lalu lintas. 

Bahkan pada kegiatan tersebut, siswa diberi kesempatan untuk mencoba mengikuti simulasi ujian teori pembuatan SIM. Mereka pun mencoba mengerjakan butir-butir soal ujian dengan menggunakan komputer yang tersedia di Markas Satlantas Polres Kotim. 

Dengan dibantu arahan dari petugas Satlantas, siswa SMP IT Arafah tampak antusias mempelajari karakter soal ujian teori pembuatan SIM.

Salah seorang petugas Satlantas Polres Kotim pun menjelaskan, dalam ujian teori SIM menggunakan komputer itu, ada 30 butir soal. Tampak, setiap soalnya terdiri dari video yang berisi studi kasus peraturan lalu lintas. Lalu, para pembuat SIM akan disodorkan dua opsi jawaban dari studi kasus tersebut, yakni jawaban "Benar" atau "Salah".

Adapun, peserta dari program parent teaching ini terdiri dari 26 siswa dari kelas 8. Terpantau, para siswa SMP IT Arafah sangat aktif dalam kegiatan tersebut. Mereka tak sungkan untuk bertanya kepada petugas Satlantas mengenai serba-serbi lalu lintas yang ingin mereka ketahui. 

"Semoga dengan kegiatan ini, siswa SMP IT ArafahArafah mendapatkan ilmu dari Satlantas Polres Kotim dan juga mengamalkannya," tutur Rito Gustianda. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru