Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Petakan Wawasan Kebangsaan Penyuluh Agama Islam

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 November 2022 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan pemetaan wawasan kebangsaan dan pemahaman keagamaan bagi Penyuluh Agama Islam PNS dan non PNS, bertempat di aula Kemenag setempat.

Kegiatan dibuka Kepala Kemenag Kapuas Hamidhan didampingi Kasi Bimas Islam Hasbullah. Pemetaan dilakukan berdasarkan surat dari Direktorat Jendral Bimbingan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kapuas Hasbullah menyampaikan bahwa pemetaan Penyuluh Agama Islam ini merupakan Implementasi atas Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme pada tahun 2020 - 2024. 

“Peserta yang mengikuti pemetaan ini terdiri dari Penyuluh Agama Islam fungsional berjumlah 8 orang dan penyuluh agama Non PNS 117 orang," katanya, Rabu, 2 November 2022.

Kegiatan tersebut diipusatkan di Kemenah Kapuas dan sebagain untuk Penyuluh KUA Kecamatan terjauh dilaksanakan dimasing-masing KUA kecamatannya.

“Kami mengharapkan dengan adanya pemetaan ini akan menghasilkan Penyuluh Agama Islam yang berwawasan kebangsaan sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dalam menjalakan tugas bimbingan penyuluhan kepada masyarakat," harapnya 

Sementara, Kepala Kemenag Kapyas Hamidhan menekankan bahwa seluruh ASN dan penyuluh agama harus bebas dari paham radikalisme, menguatkan ideologi dan saling menjaga kerukunan umat beragama.

Karena itulah pemetaan ini dilakukan untuk mengetahui penyuluh yang perlu ditingkatkan kemampuannya baik dalam bidang keagamaan maupun wawasan kebangsaannya.

“Penyuluh Agama adalah garda terdepan di masyarakat, jangan sampai menjadi pemicu perpecahan di masyarakat," pesannya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru