Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Pulang Pisau Mulai Surut

  • Oleh Asprianta
  • 04 November 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Bencana banjir yang melanda dibeberapa wilayah Pulang Pisau, khususnya di Desa Paduran Sebangau dan Sei Hambawang, Desa Penda Barania, Tanjung Sangalang, Tunjung Taruna, Tumbang Nusa saat ini mulai surut.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau Moh Insyafi, saat menggelar Press Release terkait kondisi Bencana Banjir di Kabupaten Pulang Pisau saat ini.

"Telah dilakukan pengukuran debit air saat ini pada Desa - Desa yang sempat terendam banjir, alhamdulillah sudah surut dan aktivitas warga kembali normal," kata Insyafi.

Dalam Press Release yang digelar di Pos Komando Bencana Banjir Pulang Pisau atau tepatnya di Kantor BPBD Pulpis itu juga dihadiri oleh Wakapolres Pulang Pisau Kompol Nandi Indra Nugraha dan organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

"Penanganan banjir di Kabupaten Pulang Pisau yang sudah kita lakukan sejak 25 Oktober hingga hari ini (3 November 2022). Metode yang digunakan adalah Kaji Cepat, Pemenuhan, Penyelamatan dan Evakuasi, Perlindungan kelompok rentan dan perbaikan infrastruktur serta aktivasi sistem kedaruratan penanggulangan bencana (SKPB)," tambah Wakapolres Pulang Pisau Kompol Nandi Indra Nugraha mewakili Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono yang ditunjuk sebagai pengendali operasi atau Incident Commender (IC).

Pihaknya juga menyampaikan jumlah personil yang dilibatkan dalam penanganan banjir di wilayah Bumi Handep Hapakat tahun 2022 ini berjumlah 104 orang yang terdiri dari 56 personil lapangan dan 48 personil Pos Komando.

"Tugas poslap yakni memberikan informasi terkait kondisi terkini dampak bencana banjir, membantu penyaluran bantuan logistik, Kemudian melakukan penimbunan jalan yang tergenang dan lainnya," ungkap Nandi

Ia juga mengungkapkan bahwa jumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Pulang Pisau secara keseluruhan 624 KK dengan 2.361 jiwa, dengan rincian, untuk Desa Paduran Sebangau dan Sei Hambawang dengan warga terdampak 79 KK.

Sementara Desa Penda Barania ada 44 KK, Tanjung Sangalang 65 KK, Desa Tumbang Taruna 236 KK dan Tumbang Nusa 200 KK. 

"Untuk bantuan logistik baik dari Pemkab Pulpis dan Pemprov Kalteng telah disalurkan," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru