Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tingkatkan Kompetensi Guru Kuasai Digitalisasi

  • Oleh Hendri
  • 27 November 2022 - 10:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya akan berfokus pada peningkatan kompetensi para guru dalam penguasaan teknologi informasi. Upaya ini diharapkan mampu menjawab tantangan serba digital dan menjadikan pembelajaran di sekolah lebih menyenangkan.

"Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi diera digital, kami akan terus berupaya meningkatkan kompetensi guru, sehingga para tenaga pendidik semakin mampu mengikuti perkembangan zaman," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Sabtu, 26 November 2022.

Ia mengatakan para guru harus mampu menghadirkan pembelajaran yang mudah dipahami, interaktif, menyenangkan karena didukung penggunaan sarana belajar dan mengajar secara digital.

Salah satu tantangan pendidikan saat ini, katanya, memadukan dunia pendidikan dengan perkembangan teknologi informasi sehingga mampu menciptakan SDM unggul, mandiri, kritis dan berkarakter.

Pentingnya upaya peningkatan kompetensi itu dengan menggencarkan penyuluhan, pelatihan, termasuk meningkatkan kolaborasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam berbagai kegiatan peningkatan SDM guru.

Menurutnya, pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran mengubah paradigma peran guru sebagai seorang pengajar menjadi seorang fasilitator, kolaborator mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar yang dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru