Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Semua Pihak Tak Beri Kelonggaran Peredaran Narkoba di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Desember 2022 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengingatkan semua pihak baik pemerintah, penegak hukum, hingga masyarakat luas agar tak memberi kolanggaran terhadap peredaran narkoba di Kalteng ini.

Menurutnya, semua pihak harus berkomitmen dalam upaya memberantas peredaran narkoba di Kalteng, sebab narkoba merupakan barang berbahaya yang dapat merusak kalangan masyarakat termasuk generasi muda yang notabene sebagai penerus kepemimpinan dan pembangunan selanjutnya.

"Kita ketahui di Kalteng sendiri peredaran narkoba masih marak terjadi, ini harus diberantas sampai keakar-akarnya jangan sampai dibiarkan, karena sangat berbahaya bagi masyarakat dan generasi muda. Perlu komitmen bersama dalam rangka memberantas peredaran narkoba di provinsi ini," ucapnya, Jumat, 23 Desember 2022.

Lanjutnya, terlebih lagi saat ini peredaran narkoba telah merambah hingga wilayah-wilayah pelosok, sehingga upaya pemberantasannya harus dilakukan secara merata agar masyarakat serta generasi muda yang ada di wilayah pedesaan tidak terjerumus dalam penyelahgunaan barang haram tersebut.

Selain itu, untuk memberi efek jera terhadap para pengedar juga ketika ditangkap dan diadili jangan sampai memberikan hukuman ringan bahkan dibebaskan, karena hukuman ringan dikhawatirkan tidak membuat jera para pengedar dan pada saat waktu bebas maka perbuatan tersebut akan diulangi kembali.

"Contohnya sudah banyak para pengedar yang setelah bebas dari hukumannya mengulangi kembali perbuatannya, itu karena akibat hukuman ringan yang diberikan. Jadi, biar ada efek jera hukum seberat-beratnya, sehingga nanti mereka tidak lagi mengulangi perbuatan yang sama," ujarnya.

Di sisi lain, dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba terutama pada generasi muda, sosialisasi harus dapat terus digencarkan dengan berbagai cara misalnya melalui satuan pendidikan, spanduk pemberitahuan, program sosialisasi dengan menyambangi sekolah-sekolah atau universitas, dan lain sebagainya.

"Generasi muda sebagai pnerus bangsa harus dapat kita jaga dari penyalahgunaan narkoba, jangan biarkan mereka terjerumus karena harapan kita selanjutnya untuk dapat menerus tongkat kepemimpinan maupun pembangunan yaitu generasi muda. Harapan kita tentu peredaran narkoba di Kalteng ini bisa diberantas dengan komitmen semua pihak," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru