Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baznas Barito Timur Renovasi Rumah Tidak Layak Huni di 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Januari 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kabupaten Barito Timur merenovasi 3 unit rumah Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH di Kecamatan Dusun Timur sepanjang tahun 2022. Renovasi rumah tersebut merupakan program Baznas untuk untuk menyediakan rumah layak huni sekaligus menyejahterakan umat.

"Rumah tersebut terletak di Desa Mangkarap, Desa Matabu dan Kelurahan Tamiang Layang," ungkap Ketua Baznas Barito Timur H Murjani kepada Borneonews, Kamis, 5 Januari 2022.

Dia menjelaskan, RTLH merupakan rumah yang tidak memenuhi persyaratan rumah layak huni dimana konstruksi bangunan tidak handal, luas bangunan tidak standar, tidak menyehatkan serta membahayakan bagi penghuni.

"Target penerima bantuan adalah masyarakat yg termasuk pada kategori miskin atau yang memiliki pendapatan di bawah Rp1,5 juta per bulan," ujarnya.

Adapun nilai bantuan renovasi dimaksud sebesar Rp25 juta per rumah dengan rincian Rp20 juta untuk belanja bahan bangunan dan Rp5 juta untuk upah tukang.

Sebelum penyaluran bantuan, Baznas terlebih dahulu melakukan seleksi penerima bantuan yang dimulai dengan penetapan kriteria, pengecekan administrasi kependudukan, verifikasi kepemilikan lahan hingga peninjauan lokasi.

“Agar akurat dan tidak salah sasaran, data calon penerima dan kondisi rumahnya kami verifikasi dulu," tegasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru