Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Sektor Kesehatan di Kalteng Masih Banyak yang Perlu Diperhatikan

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Januari 2023 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan sektor kesehatan di Kalteng masih banyak yang perlu diperhatikan terutama yang ada di wilayah pelosok atau pedesaan.

Dia mengungkapkan, berdasarkan hasil reses pihaknya masih banyak menemukan atau menerima aspirasi dari masyarakat terkait sektor kesehatan yang diharapkan bisa menjadi perhatian serius pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

"Peningkatan sarana dan prasarana serta penambahan tenaga kesehatan atau nakes masih menjadi usulan yang kerap disampaikan kepada kita. Karena memang khsusunya di pelosok hal itu penting untuk peningkatan pelayanan," ujarnya, Kamis, 12 Januari 2023.

Dia mengatakan, seperti di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tepatnya Desa Tumbang Talaken. Pihak Puskesmas disana mengharapkan adanya penambahan nakes yakni dokter gigi, apoteker, dan tenaga teknis administrasi.

Di Desa Tumbang Koroi masyarakat mengharapkan bantuan untuk peningkatan pelayanan pada Puskesmas Pembantu (Pustu) desa setempat baik penambahan nakes dan juga penambahan obat-obatan yang saat ini mengalami kekurangan.

"Penambahan nakes juga ada disampaikan oleh pihak Puskesmas di Kecamatan Tewang. Sebab, saat ini nakes disana dirasa kurang terutama perawat dan bidan. Akibat kekurangan nakes pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang optimal," jelasnya.

Sementara itu, pihak Puskesmas di Tewah mengharapkan adanya bantuan perbaikan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan tersebut terutama instalasi pengelolaan air limbah, karena jika tidak segera diperbaiki maka lingkungan akan tercemar.

"Limbah medis ini sangat berbahaya bagi kesehatan, jadi aspirasi itu perlu segera ditindak lanjuti. Pihak puskesmas juga meminta dinas terkait untuk meninjau langsung kerusakan tersebut, biar dapat diketahui dan segera di perbaiki," imbuhnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru