Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PKK Katingan Bakal Membuat Demplot Jahe

  • 23 Februari 2016 - 14:45 WIB

Ketua TP PKK Kabupaten Katingan Endang Susilawatie mengatakan jika pihaknya bakal membuat demplot jahe di Kasongan.

Pembuatan demflot ini untuk percontohan bagi anggota PKK di daerahnya.

"Setelah kemarin ada kerjasama antara Pemda Katingan dengan pihak PT Sidomuncul yang akan membeli jahe, maka saya selaku Ketua TP PKK mengimbau agar ibu-ibu PKK bisa mengembangkan jahe ini di pekarangan rumahnya masing-masing," kata Ketua TP PKK Katingan Endang Susilawatie saat mendampingi Bupati melakukan sosialisasi tanaman jahe dan singkong gajah kepada warga Kecamatan Tasik Payawan di kantor camat setempat, Selasa (23/2/2016).

"Kita akan menyiapkan demplot dulu di Kasongan sebagai percontohan, sehingga anggota PKK dari daerah bisa melihat dan belajar bagaimana cara bercocok tanam jahe ini," ujar istri Bupati Ahmad Yantenglie.

Menurut Endang, sejauh ini bibit jahe yang akan ditanam di demplot sudah siap, demikian pula penyediaan lahannya yang sudah disiapkan dua hektar.

Endang mengatakan, sejauh ini kebutuhan akan jahe khususnya di Pasar Kasongan masih didatangkan dari luar daerah seperti Jawa. Sebab tidak ada warga setempat yang membudidayakan jahe dalam kapasitas lahan yang luas.

"Kebanyakan warga kita menanam jahe hanya untuk keperluan dapur saja," katanya.

Endang mengimbau kepada para ibu-ibu PKK agar tidak ragu dan takut menanam jahe. Pasalnya ada sebuah jaminan dari Sidomuncul yang akan membeli jahe itu dengan harga bersaing.

"Yang jelas ini adalah kesempatan baik, khususnya bagi ibu-ibu PKK untuk menanam jahe, dan mengenai hasil produksinya kami siap memfasilitasi nantinya," imbuh Endang Susilawatie yang juga Wakil Ketua DPRD Katingan ini. (ABDUL GOFUR/m) 

Berita Terbaru