Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapenda Kotim Targetkan Pajak Daerah Sebesar Rp237 Miliar

  • Oleh Noor Annisa
  • 02 Februari 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur, Ramadansyah mengatakan target pajak daerah pada tahun 2023 sebesar Rp237 miliar. Target ini mengalami peningkatan dari tahun 2022 yang hanya sebesar Rp183 miliar.

Menurutnya, pajak daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) mengalami peningkatan karena beberapa sektor pajak yang mendongkraknya. Ramadansyah menyebutkan target sebesar Rp237 miliar tersebut berasal dari 11 sektor pajak.

"Kalau melihat perkembangan ekonomi kita pasca covid-19 khususnya Kota Sampit sangat menggembirakan, memberikan dampak signifikan terhadap PAD dilihat dari sektor pajak," ungkapnya, Selasa, 2 Februari 2023.

Berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Kotim, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) wilayah ini yakni sebesar Rp2,1 triliun. Sedangkan untuk pendapatan daerah adalah sebesar Rp2 triliun lebih. 

Sementara itu, untuk Pendapatan daerah Kotim salah satunya bersumber dari PAD yang tahun 2023 ini ditargetkan sebesar Rp411 miliar. PAD tersebut berasal dari pajak daerah, retribusi dan penerimaan lain-lain yang sah. 

Meski mengalami peningkatan, dirinya optimis target itu tercapai. Apalagi pascapandemi Covid-19, terjadi peningkatan perekonomian di Kotim yang berdampak positif terhadap penerimaan pajak daerah. 

"Kondisi perekonomian di Kotim pasca pandemi Covid-19 semakin membaik, sehingga saya optimis target itu dapat tercapai," tuturnya.

Untuk mencapai target pajak sebesar Rp237 miliar itu, Ramadansyah mengakui pihaknya juga akan melakukan beberapa upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan diantaranya berinovasi dengan pelayanan digitalisasi yang terintegrasi agar lebih cepat dan mudah.(NOOR ANNISA/Y)

Berita Terbaru