Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kaji Terap Komoditas Cabai di BPP Paju Epat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Februari 2023 - 06:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pada musim tanam Oktober-Maret ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur melakukan kaji terap teknologi pertanian komoditas cabai di areal Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Paju Epat.

"Kaji terap komoditas cabai kami lakukan di lahan milik BPP seluas 30x60 meter," ungkap Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim, saat diwawancarai, Senin, 6 Februari 2023.

Dia menjelaskan, kaji terap adalah uji coba teknologi yang dilakukan dinas pertanian melalui BPP untuk meyakinkan keunggulan teknologi anjuran yang baru dibandingkan teknologi yang pernah diterapkan pada jenis tanah aluvial di Kecamatan Paju Epat dengan keasaman atau pH tanah sekitar 5,3 hingga 5,8.

"Ini juga untuk mempercepat penyebaran informasi teknologi pertanian yang telah direkomendasikan secara umum. Dalam kegiatan kaji terap kami melibatkan penyuluh pertanian dan kelompok tani agar dapat mempraktekkan langsung penerapan teknologi pertanian terbaru," jelas Lukman.

Dalam kaji terap itu, penyuluh dan anggota kelompok tani bersama-sama mempraktekkan pembajakan atau pengolahan tanah hingga proses budidaya sebelum diterapkan ke lahan milik petani.

Lukman beralasan pemilihan komoditas cabai dalam kaji terap ini karena cabai menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kalimantan Tengah.

"Harapan kami agar masyarakat mampu memanfaatkan lahan pekarangan dengan penanaman komoditas hortikultura cabai," ujarnya. (BOLE MALO/R)

Berita Terbaru