Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Catat Kenaikan Harga Komoditas Cabai Rawit

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Maret 2023 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga komoditas cabai rawit menjelang bulan ramadan dan hari raya idulfitri.

“Terpantau kenaikan harga dalam tiga minggu terakhir atau menjelang Ramadan, untuk komoditas cabai merah, cabai rawit, dan telur,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual, Senin 20 Maret 2023.

Kenaikan tersebut berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) dengan angka cukup berbeda tiap daerah namun kenaikan terbesar adalah cabai rawit.

“Secara garis besar, cabai rawit menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga di 124 kabupaten/kota, dan penyumbang penurunan hanya di 13 kabupaten/kota,” ungkapnya.

Selain itu ada beras menyumbang kenaikan di 99 kabupaten/kota, namun beras juga menyumbang penurunan di 88 kabupaten/kota lainnya.

“Andil penurunan terbesar adalah komoditas bawang merah dan cabai merah di 121 kabupaten/kota,” jelasnya. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru