Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Pastikan Stok Vaksin Booster Aman

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Februari 2023 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng memastikan ketersediaan vaksin booster untuk masyarakat umum di wilayahnya.

“Ketersediaan vaksin aman di kabupaten dan kota untuk Kalteng saat ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Yaesar Wawan, Kamis, 16 Februari 2023.

Ia mengungkapkan Dinkes provinsi hanya bertindak sebagai fasilitator, saat vaksin di kabupaten  dan kota mulai menipis permintaan dikirim ke kementerian melalui sistem.

Setelah dilakukan pengecekan oleh dan kementerian, tambahan vaksin yang dibutuhkan akan dikirimkan dan didistribusikan ke kabupaten kota.

“Dalam waktu dekat ini akan datang sekitar 11 ribu dosis vaksin dari pusat, tapi untuk tanggalnya kami tidak bisa memastikan,” ungkapnya.

Yaesar menyampaikan capaian vaksin booster pertama atau vaksin 3 Kalteng sudah menyentuh 648.718 orang atau 31,86 persen dari total target sasaran 2 juta lebih. Namun untuk capaian booster kedua atau vaksin 4 masih cukup rendah baru 16.538 orang atau 0,81 persen.

“Kendala untuk booster hanya diminat masyarakat. Masyarakat kalau tidak dalam keadaan butuh banget tidak booster,” ungkapnya.

Dia mengajak peran aktif masyarakat untuk mengikuti program vaksin booster gratis dari pemerintah dengan mendatangi puskesmas untuk mendaftar vaksin.

“Seperti yang sering digaungkan oleh bapak gubernur Sugianto Sabran, vaksin memiliki peran penting,” tuturnya.

Yaesar tetap mengajak masyarakat untuk taat protokol kesehatan walaupun kondisi pantauan penambahan kasus saat ini sudah mulai menurun.

“Tetap gunakan masker walau kasus sudah turun, cuci tangan juga serta berperilaku hidup bersih dan sehat,” ajaknya. (HERMAWAN DP/R)

Berita Terbaru