Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II DPRD Kalteng Kunker ke Kalsel Pelajari Hutan Terintegrasi

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Februari 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi II DPRD Kalteng melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka untuk mempelajari terkait hutan terintegrasi yang didalamnya ada pertanian, peternakan maupun perikanan.

Ketua Komisi II DPRD Kalteng Achmad Rasyid saat dikonfirmasi mengatakan, mengenai hutan terintegrasi ini patut untuk dipelajari mengingat Kalteng memiliki potensi untuk menerapkannya, sehingga dapat meminimalisir lahan untuk menciptakan lumbung pangan.

"Informasi yang kita dapatkan hutan terintegrasi di Kalsel itu dijadikan lokasi menanam jagung, sayuran, peternakan, dan kolam ikan. Menariknya pemanfaatan tidak harus menebang pohon, jadi ini yang harus kita pelajari," ujarnya, Jumat, 17 Februari 2023.

Diungkapkannya, di Kalteng sendiri memiliki potensi untuk menerapkan sistem hutan terintergrasi. Misalnya di Kota Palangka Raya, ada Bukit Tangkiling dan sejumlah kawasan hutan yang ada disejumlah daerah bisa dijadikan lokasi menanam berbagai jenis sayuran, peternakan, dan juga perikanan.

Dia menjelaskan, pemanfaatan hutan terintegrasi tentunya dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan serta perekonomian serta dapat memperkuat ketahanan pangan daerah hingga nasional.

Selain mempelajari hutan terintegrasi, pihaknya juga mengunjungi rumah pemotongan hewan yang ada di Kalsel, pasalnya pengelolaan disana lebih maju dibandingkan di Kalteng. Sehingga, diharapkan berbagai informasi yang didapatkan dapat diterapkan di provinsi ini.

"Tentu kita ingin pemanfaatan sumber daya alam di Kalteng ini dapat maksimal dengan menerapkan hutan terintegrasi, dan juga rumah pemotongan hewan bisa lebih maju. Hasil dari kunker ini nanti akan kita sampaikan ke dinas terkait," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru