Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerjasama dengan Kemenperindag RI, Mukhtaruddin Gelar Diklat 3 In 1 Barista di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Februari 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian (Kemenperindag) RI, anggota DPR RI Komisi VII asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Provinsi Kalteng Mukhtaruddin menggelar diklat 3 in 1 Barista angkatan 3 di Hotel Avilla Pangkalan Bun, Senin, 20 Februari 2023.

Dalam diklat yang digelar selama 6 hari diikuti 50 peserta, dengan materi bagaimana pengolahan dan penyajian kopi sesuai standar agar bisa diterapkan dalam lingkungan kerja atau usaha yang digeluti.

Instruktur dalam pelatihan tersebut yakni Muslih dan Muhammad Kamil dari Lembaga Cipta Karya Intelektual dan diklat ini juga dipantau langsung oleh Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar, yaitu Koordinator Pengembangan dan Kerjasama Diklat Ida Bagus Made Juniarta

Dalam sambutannya melalui jalur online, Mukhtaruddin mengharapkan para peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik dan benar.

"Karena nantinya di hari terakhir diklat bakal dilakukan uji kompetensi. Sehingga peserta yang lulus bisa mendapatkan sertifikat uji kompetensi barista. Perlu diketahui ada 2 sertifikat yang dikeluarkan dalam diklat ini, yaitu sertifikat diklat dan sertifikat kompetensi," jelas Muhktaruddin.

Diklat serupa juga telah dilaksanakan sebanyak 2 kali di tempat yang berbeda di Kalteng.

"Untuk angkatan pertama digelar di Palangka Raya, kemudian angkatan kedua di Sampit dan yang ketiga di Kobar. Harapannya kegiatan selanjutnya bisa digelar di seluruh wilayah di Kalteng, mengingat tingginya antusiasme peserta. Karena banyak peminat yang tidak bisa menjadi peserta lantaran kuota peserta  pelatihan yang terbatas," jelas Mukhtaruddin.

Mukhtaruddin mengatakan, peserta diklat yang lulus uji kompetensi nantinya juga terdaftar dalam data base Kemenperindag RI.

"Sehingga hal tersebut bisa digunakan para peserta yang lulus untuk melamar pekerjaan pada perusahaan atau industri yang bergerak dibidang penyajian kopi apabila yang bersangkutan masih belum memiliki usaha kopi sendiri. Namun tadi saya lihat mayoritas peserta sudah memiliki coffee shop atau warung kopi sendiri. Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini bisa meningkatkan cita rasa kopi yang disajikannya pada para pelanggan," jelas Mukhtaruddin. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru