Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemda di Kalteng Maksimalkan Upaya Antisipasi Bencana

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Februari 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Heri Santoso mendorong pemda di Kalteng agar dapat memaksimalkan upaya dalam mengantisipasi bencana di wilayah Kalteng, khususnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kondisi cuaca di wilayah Kalteng yang mulai memasuki musim kemarau perlu diwaspadai. Kesiapan anggaran perlu diperhitungkan secara cermat oleh pemerintah daerah. Mengingat, bencana ini bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Kesiapan pemda dalam mengantisipasi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu sangatlah penting. Dari segi anggaran juga perlu diperhitungkan, dengan anggaran yang cukup diharapkan pemda akan lebih siap dari segi mitigasi maupun penanganannya," tuturnya, Selasa, 21 Februari 2023.

Selain kesiapan anggaran, dirinya juga mendorong pemda untuk dapat meningkatkan sinergi dalam upaya antisipasi atau pencegahan karhutla dengan memaksimalkan peran perangkat desa hingga ke level RT/RW.

Dikatakannya, melalui sinergi pemda bisa memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan sembarangan pada saat musim kemarau.

Selain itu, sinergi tersebut juga untuk memaksimalkan sosialisasi terkait peraturan daerah nomor I tentang pengendalian kebakaran lahan, yang saat ini masih belum dipahami masyarakat secara luas.

"Masih banyak masyarakat yang tidak mampu mengimplementasi aturan pelarangan pembakaran lahan dari pemerintah karena mereka tidak mengetahui bagaimana cara mengolah lahan mereka secara benar sesuai aturan yang ada," sebutnya.

"Maka dari itu, dengan keterlibatan seluruh pihak terkait, diharapkan bisa memberikan pencerahan sekaligus solusi bagi masyarakat, sehingga karhutla ini bisa dihindari," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru