Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Capai UHC, Pemko Palangka Raya dan Pemkab Katingan Dapat Ucapan Terima Kasih

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Maret 2023 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya, Hindro Kusumo mengatakan bahwa tercapainya Universal Health Coverage atau UHC di Provinsi Kalimantan Tengah tidak lepas dari upaya dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, terutama Pemerintah Kota atau Pemko Palangka Raya dan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Katingan.

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Katingan atas upaya dan dukungan yang diberikan dalam mewujudkan cakupan semesta Program JKN di wilayah kerja Kantor Cabang Palangka Raya.

"Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemerintah Kabupaten Katingan atas dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan Program JKN hingga tercapai Universal Health Coverage atau UHC," kata Hindro dalam rilisnya kepada Borneonews pada Selasa, 14 Maret 2023.

Untuk Kota Palangka Raya, lanjutnya, berdasarkan data per 1 Januari 2023 sebanyak 293.661 jiwa penduduknya telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN dari total jumlah penduduk 296.067 jiwa atau sebesar 99.19 persen.

"Sedangkan untuk Kabupaten Katingan sebanyak 170.982 jiwa atau 100 persen penduduknya telah terdaftar dan terlindungi ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional," ungkap Hindro.

Dalam rilis yang sama, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS. Namun Ghufron menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

“Untuk itu, BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan tersebut dengan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan (rumah sakit). BPJS Kesehatan mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama, dimanapun peserta itu berada,” ujar Ghufron. (TESTI PRISCILLA/J)


TAGS:

Berita Terbaru