Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Berpuasa, ini Penjelasannya

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 04 April 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Pangakalan Bun - Bulan Ramadan saatnya seluruh umat muslim yang menenuhi syarat untuk melakukan puasa selama 30 hari. Lalu, bagaimana pada ibu menyusui atupun ibu hamil dalam menjalani puasa. 

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Martiana Larasati menerangkan bahwa ibu menyusui serta ibu hamil dapat melakukan ibadah puasa dengan syarat tertentu. 

"Ibu hamil dan ibu menyusui tidak masalah untuk puasa tapi ada syarat-syaratnya ya, apabila ibu tidak mual muntah berlebihan kemudian ibu tidak mengosumsi obat, ibu hamil atau ibu menyusui karena ada penyakit dia harus konsumsi obat dengan jam tertentu," jelasnya pada Senin, 3 April 2023. 

"Apabila dia tidak pusing, pening dan dehidrasi itu tidak masalah. Tetapi kalau dia coba puasa trus ternyata dia lemas, pusing, ada rasa kayak mau pingsan ya sudah batalkan," jelasnya. 

Hal yang harus diperhatikan bagi ibu menyusui dan ibu hamil untuk menjalankan puasa salah satunya adalah mengatur pola makan serta mencukupi asupan nutrisi saat sahur dan berbuka. 

"Banyak minum ya, kemudian minum vitamin, makan kurma pada waktu sahur sama buka puasa ya. Itu jangan dilewatkan karena kurma ada kandungan glukosa sehingga dia mencegah hipoglikemia. Kalau bisa jumlahnya ganjil 3,5,7 dan seterusnya ya, makan sedikit-sedikit tapi sering ya, jadi nanti pas mau sahur jangan mendadak gitu bangunya paling tidak 1 jam sebelum waktu imsak," ujarnya. 

Dianjurkan ibu hamil maupun ibu menyusui untuk makan pada sahur dan buka puasa secara pelahan supaya tidak terjadi rasa mual dan muntah. (NURITA/H) 

Berita Terbaru