Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikpora Gunung Mas Bongkar Bangunan Rusak di SMPN 1 Kurun

  • Oleh Riska Yulyana
  • 10 April 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas melaksanakan pembongkaran atau pemusnahan bangunan gedung yang sudah tidak layak pakai di SMPN 1 Kurun, Senin, 10 April 2023.

"Kegiatan hari ini merupakan salah satu program Disdikpora dalam penataan sarana dan prasarana, terutama di lingkungan satuan pendidikan," ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Plt Kepala Disdikpora Aprianto, Senin, 10 April 2023.

Aprianto melanjutkan gedung yang dimusnahkan atau dibongkar tersebut karena kondisi bangunan yang sudah tidak layak digunakan untuk proses belajar mengajar.

"Olehkarena itu, pihak sekolah mengajukan usulan untuk dilakukan pembongkaran yang kemudian dihapuskan dari aset daerah supaya area tersebut bisa digunakan atau dibangun lagi sarana prasarana yang baru,"jelas Aprianto.

Setelah proses pembongkaran tersebut, dia mengatakan ada beberapa proses hingga aset dihapuskan termasuk melalui persetujuan dari DPRD Gunung Mas.

Sementara itu, Kasubbid Penatausahaan dan Penghapusan pada  Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunung Mas Hevy Simpai mengatakan bahwa ada empat bangunan yang diusulkan oleh SMPN 1 Kurun untuk dihapuskan dari daftar barang milik daerah.

Keempat bangunan tersebut yakni satu bangunan gedung laboratorium semi permanen dengan kondisi rusak berat, dua bangunan gedung pendidikan semi permanan dan satu bangunan WC yang mana kondisinya juga sudah rusak berat.

"Nantinya, setelah dilakukan pembongkaran, sisa bahan bangunan yang masih bisa digunakan akan dikumpulkan kemudian akan dihibahkan kepada yayasan atau kelompok tertentu dan bahan bangunan yang sudah tidak bisa dimanfaatkan bisa dimusnahkan atau dibakar dan dimasukkan ke berita acara," ujarnya.

Kepala SMPN 1 Kurun Yono menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan pembongkaran gedung kepada pihak Disdikpora Gunung Mas pada September 2022.

"Gedung-gedung itu sudah dibangun sejak tahun 1970an dan saat ini kondisinya sudah rusak, ada salah satu gedung yang sempat menjadi ruang kelas Bupati Gunung Mas Jaya S Monong," cerita Yono. (RISKA YULYANA/R)

Berita Terbaru