Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Pimpin Apel Operasi Ketupat Telabang 2023

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 18 April 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 Polres Kotawaringin Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang, pada Senin, 17 April 2023 di kantor Satlantas Polres Kobar. 

Pelaksanaan apel tersebut guna untuk memberikan keamanan dan ketertiban menjelang dan setelah mudik lebaran tahun 2023 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pengamanan tersebut dilaksanakan selama 14 hari mulai 18 April - 1 Mei 2023 dan akan dilanjutkan dari 2 - 9 Mei 2023.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo dan AKBP Wahyu Wicaksono sebagai Kapolres Kobar. Operasi tersebut melibatkan personel gabungan diantaranya TNI-Polri, Dishub, Dinkes dan stakeholder terkait. 

Anang Dirjo melaporkan dalam sambutannya bahwa Kemenhub RI memperkirakan adanya peningkatan pergerakan masyarakat dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023. Hal tersebut menandakan ada peningkatan sebesar 44,8 persen. 

"Para personel tersebut akan menempati 2.787 pos dengan rincian 1.857 pos pengaman yang berfungsi untuk pengamanan serta memastikan keamanan dan ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnnya," ucapnya.

"713 pos pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan pelayanan lainnya, 217 pos terpadu yang berfungsi untuk pusat modal operasi secara intergrasi bersama stakeholder terkait," tuturnya. 

Ia menyampaikan untuk memastikan operasi tersebut berjalan dengan aman maka Polri akan membagi lima wilayah pengendalian utama di pulau Sumatra, Jawa dan pengendalian secara ketat di Polda lainnya. Dengan adanya Polri sebagai posko operasi terbesar yang didukung dengan berbagai kemampuan sehingga dapat mengetahui perkembangan di lapangan dan terpantau dengan baik. 

Kemudian Anang Dirjo menekankan untuk meningkatkan langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik lokasi yang rawan kecelakaan. 

Ia juga menyampaikan kepada jajaran Polres Kobar serta instansi terkait dalam Operasi Ketupat Telabang 2023 memberikan edukasi serta mengingatkan pada masyarakat Kobar untuk menjalankan tata tertib lalu lintas saat mengemudi sehingga mencegah terjadinya risiko kecelakaan. 

Selain melaksanakan apel Operasi Ketupat Telabang 2023, Polres Kobar dan jajarannya serta instansi terkait melakukan pemusnakan barang bukti dari hasil kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dan operasi pasar selama bulan ramadan oleh Polres Kobar. (NURITA/H)

Berita Terbaru