Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persiapan Matang, 35% Bacaleg PKS Kotim Merupakan Perempuan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 12 Mei 2023 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah melakukan persiapan dengan matang, PKS Kotim myerahkan kelengkapan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) kepada KPU, dan 35% diantaranya merupakan perempuan. 

"Kesiapan berkas memang sejak awal saya dilantik sebagai DPC sudah dipersiapkan, sehingga kami tidak mengalami kesulitan seandainya ada sekitar 6 persen," kata Ketua DPC PKS Kotim Suprianto, Kamis, 11 Mei 2023.

Menurutnya, kelengkapan berkas bacaleg sudah terpenuhi. Penguploadan berkas ke aplikasi silon juga telah terpenuhi 100 persen.

"Data kami tidak mengecewakan karena kami punya 5 orang IT," ujarnya. 

PKS Kotim mengajukan 40 orang bacaleg dengan komposisi Daerah pilihan (Dapil) I ada 3 perempuan dan 7 laki-laki,  Dapil II ada 3 perempuan dan 5 laki-laki, Dapil III 2 ada perempuan dan 4 laki-laki, Dapil IV 3 perempuan dan 4 laki-laki, serta Dapil V ada 3 perempuan dan 6 laki-laki.

Terdapat 35 persen keterwakilan bacaleg perempuan sehingga telah memenuhi minimal 30 persen. 

"Caleg perempuan kami luar biasa. Di dapil IV, II dan V nomor urut 1 perempuan. Kita berharap memberikan pencerahan tersendiri dari potensi suara kaum milenial," demikian Suprianto. 

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengumumkan telah menerima berkas dengan lengkap. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi yang akan melibatkan berbagai instansi. 

"Apabila nanti ada yang perlu diperbaiki akan kami sampaikan kepada Parpol agar segera dilakukan perbaikan," kata Siti. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru