Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lepas Kontingan FBIM, Ini Pesan Sekda Murung Raya

  • Oleh Trisno
  • 22 Mei 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Mewakili Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Hermon secara resmi melepas putra dan putri asli daerah untuk berangkat mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) ke kota Palangkaraya, berlangsung di halaman kantor Bupati Murung Raya pada Jumat (19/5/2023) pagi. Even budya tradisional tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 27 Mei 2023 mendatang.

Menurut laporan ketua rombongan FBIM yang juga menjabat sebagai Kadisdikbud Murung Raya Ferdinand Wijaya menyampaikan total kontingen yang berangkat sebanyak 243 orang.

“Peserta berjumlah 157 orang, panitia berjumlah 34 orang, official/koordinator 19 orang dan OPD pendamping 33 orang sehingga total semuanya 243 orang” ujar Ferdinand.

Adapun 21 cabang lomba yang akan diikuti 157 orang peserta dari Murung Raya adalah karnaval budaya, tari tradisional/pedalaman, tari pesisir, lagu daerah, perahu hias, sepak sawut, manetek, maneweng dan manyila kayu.

Panginan sukup simpan (makanan tradisional), mangenta, malamang, dayung tradisional putra/putri, besei kambe putra/putri, balogo putra/putri, bagasing putra/putri,mangaruhi, manyipet/manyumpit putra/putri, mangarungut putra/putri, lawang sekepeng, jagau dan bawi nyai parawisata, videografi terakhir fotografi.

Untuk seluruh peserta selama mengikuti festival budaya isen mulang, Ketua panitia rombongan FBIM Murung Raya mengatakan pihaknya telah menyiapkan dan membawa langsung tim kesehatan dan keamanan dari Puruk Cahu.

“Untuk menjaga kesehatan seluruh peserta panitia menyiapkan tim kesehatan dari RSUD Puruk Cahu, sementara untuk kelancaran kegiatan dan keamanan panitia bekerja sama dengan Polres Murung Raya dan Satpol PP,” terang Ferdinand Wijaya.

Sementara, Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon dalam sambutannya berpesan agar para peserta bersungguh – sungguh membawa nama daerah dalam berbagai lomba nantinya.

“Kalian harus bersungguh – sungguh dalam bertanding agar meraih cita – cita prestasi kemenangan sehingga bisa mengharumkan nama daerah karena disanalah nama Kabupaten Murung Raya akan menggema dan dingar oleh 14 Kabupaten/Kota se – Kalimantan Tengah,” terang Hermon.

Tak lupa diakhir kalimatnya ia mengingatkan kepada para peserta agar mengiringi semangat pertandingan dengan berdoa, menjaga kekompakan dan kesehatan.

“Sebelum bertanding utamakan berdo’a terlebih dahulu sebagai ikhtiar memperoleh kemenangan dan membawa pulang piala serta jagalah kesehatan kalian,” tutup Sekretaris Daerah Hermon. (Trs)

Berita Terbaru