Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Terus Dukung Pengobatan Penderita Thalasemia

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 28 Mei 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus mendukung pengobatan penderita thalasemia di daerah ini.

"Pemerintah daerah menyiapkan rumah singgah thalasemia, kantong darahnya gratis, ditambah mobil ambulan bolak balik," kata Asisten I Setda Kotim Rihel, Sabtu, 27 Mei 2023.

Sebelumya, mereka menyewa rumah saat pengobatan di RSUD dr Murjani Sampit, karena sebagian penderita thalasemia berasal dari daerah yang jauh. Sehingga pemerintah berupaya meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan yang tidak tercover BPJS Kesehatan.

"Dulu kantong darah itu tidak gratis, sekarang pemerintah daerah melalui dinas kesehatan memberikan bantuan itu," katanya. 

Thalasemia merupakan penyakit langka genetik kelaianan darah yang diturunkan dari ayah dan ibu pembawa pembawa sifat thalasemi. Secara medis penyakit ini belum dapat disembuhkan. Penanganannya melalui obat dan transfusi darah dilakukan secara berkelanjutan, sehingga membutuhkan biaya yang besar. 

"Memang penyakit ini tergolong langka dan perlu dukungan dari semua pihak," ujar Rihel. 

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Orangtua Penyandang Thalasemia Indonesia Cabang Sampit Reni Septia Dewi, dukungan pemerintah sangat dirasakan bagi penderita thalasemia.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah sudah di fasilitasi dan mendukung penderita thalasemia," kata Reni.

Dia mengatakan jumlah penderita thalasemia yang ditangani di RSUD dr Murjani sebanyak 56 orang, 5 orang diantaranya warga Seruyan sisanya dari Kotim. 

"Tahun 2022 ada sekitar 20 orang sekarang sudah 56 penderita thalasemia. Jadi meningkat dalam setahun itu," demikian Reni. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru