Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Durian, Rp5.000 per Buah

  • Oleh Trisno
  • 07 Juni 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Saat ini di Kabupaten Murung Raya khususnya di beberapa kecamatan tengah panen raya buah durian. Bahkan saking banyaknya buah durian yang dipanen membuah harga jual buah yang punya rasa yang khas tersebut sangat murah di pasaran.

Di mana berdasarkan pantauan, harga jual buah durian yang sebelumnya sempat tembus Rp 20 ribu per biji, kini harganya hanya berkisar antara Rp 5 ribu sampai Rp. 10 ribu per bijinya.

Hengki, salah seorang penjual durian di Desa Konut Kecamatan Tanah Siang mengungkapkan, jatuhnya harga durian saat ini dikarenakan banyaknya buah durian yang dijual di pasaran.

Sehingga harga harus bersaing, dan harga yang paling murahlah yang cepat dibeli, sehingga dari pada buah durian busuk terpaksa dijual dengan harga murah kepada pembeli khususnya yang memborong buah durian untuk dibawa ke luar kota.

“Biasanya ada mobil pick up yang datang memborong buah durian hasil panen masyarakat, namun karena banyaknya stok sehingga dijual dengan harga murah karena khawatir tidak lagi dan membusuk karena lama disimpan,” tuturnya, Rabu, 7 Juni 2023.

Ia mengungkapkan memang kondisi harga demikian sudah diprediksi sebelumnya lantaran memang pada musim panen akhir tahun 2023 ini hampir semua pohon durian berbuah lebat sehingga buah durian di pasaran sangat banyak dan harganya pasti akan sangat murah.

Namun masyarakat khususnya pemilik kebun rata rata mengolah sendiri panen duriannya dan hanya sebagian yang dijual per buah, ada yang mengolahnya menjadi tempuyak ada juga yang mengolahnya menjadi dodol atau disebut lampok durian dengan harga jual yang lebih tinggi.

“Memang panen durian di tahun ini melimpah, berbeda dengan panen durian beberapa bulan sebelumnya, karena hanya sedikit pohon durian yang berbuah sehingga harga durian dipasaran sangat tinggi,” tuturnya. (Trs)


TAGS:

Berita Terbaru