Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Religi Pawai Obor Akan Kembali Digelar di Baamang

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Juni 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS,  Sampit - Wisata Religi Pawai Obor dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah akan kembali digelar di Kecamatan Baamang. Kegiatan itu akan dilaksanakan tepat malam takbiran, Rabu, 28 Juni 2023.

Pawai Obor merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Baamang bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Baamang dan Saka Wira Kartika Kodim 1015/Sampit.

"Saat ini kami membuka pendaftaran peserta Pawai Obor X," kata Ketua Pelaksana Amrullah. 

Peserta yang ingin berpartisipasi dapat mendaftarkan diri ke Sekretariat Kwarran Baamang, Jalan Mandumai. Atau melalui whatsapp  085257021434 dan 081255009333.

Pawai tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. Ribuan peserta memeriahkannya. Amrullah menjelaskan, sempat 2 tahun tidak digelar karena pandemi covid-19, 2020 dan 2021. Tahun 2022 kembali dilaksanakan karena pandemi mulai mereda saat itu.

"Kalau untuk saat ini sudah 18 kelompok peserta yang mendaftarkan diri. Semakin mendekati hari H biasanya semakin banyak yang mendaftar," ujarnya. 

Pawai obor akan dimulai pukul 19.00 WIB di Kantor Kecamatan Baamang. Selanjutnya melewati rute berikut Jalan Suka Bumi, Jalan Walter Condrat, Jalan Sari Gading Darat , Jalan Cristopel Mihing dan kembali ke Kantor Kecamatan Baamang.

Camat Baamang Sufiansyah mendukung kegiatan ini sebagai wisata religi dan melestarikan budaya. Seperti tema yang diangkat yakni melalui kegiatan Pawai Obor kita lestarikan tradisi budaya lokal sebagai wisata relegi di Sampit Kotim. 

"Pawai Obor ini sebagai wisata religi dan turut serta mendukung program pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melestarikan budaya kearifan lokal," kata Sufiansyah.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Baamang Dadang Siswanto mengisahkan, obor merupakan penerangan tempo dulu kala anak-anak belajar mengaji. 

Berita Terbaru