Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontes Durian Lokal Unggulan Sukamara Munculkan Usaha Baru

  • Oleh Norhasanah
  • 15 Juni 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio berharap dengan adanya Kontes Durian Lokal Unggulan di Bumi Gawi Barinjam dapat memunculkan usaha-usaha baru di bidang buah durian.

"Dengan Kontes Durian Lokal Unggulan ini akan tumbuh usaha-usaha baru, misalnya usaha benih-benih durian," kata Windu Subagio pada pembukaan kontes, Kamis, 15 Juni 2023.

Dia berharap, durian lokal yang memenangi kontes tersebut bisa dikembangkan, baik untuk dalam wilayah maupun diluar wilayah Kabupaten Sukamara. 

Sehingga bagi para juara kontes durian baik itu juara 1,2 dan 3 serta harapan 1 sampai dengan harapan 3 nantinya pohonnya akan dijadikan pohon induk yang akan dikembangkan menjadi bibit, baik itu melalui okulasi, sisip maupun sambung pucuk. 

"Maka dari itu kami berharap kepada para pemilik pohon durian yang menang nantinya agar dengan tulus ikhlas memelihara dan mengembangkan serta tidak menebang pohon duriannya," ucapnya.

Bupati Sukamara tersebut berharap, melalui kontes tersebut maka kedepannya akan tersusun event rutin tahunan berupa festival durian lokal, yang nantinya sebagai salah satu agenda pariwisata Kabupaten Sukamara.

"Dan semoga dapat menjadi salah satu kegiatan yang menjadi daya ungkit perekonomian bagi petani durian, yang akhirnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukamara," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/J)

Berita Terbaru