Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sebut 2 Taman Nasional di Wilayah Katingan masih Aman dari Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Agustus 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menyebut bahwa dua Taman Nasional (TN) di wilayahnya, yakni TN Sebangau dan TN Bukit Raya Bukit Baka sejauh ini masih aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pernyataan Bupati Sakariyas tersebut disampaikan ketika menghadiri lomba tarik truk militer di Lapangan Sport Center Kasongan, Selasa, 15 Agustus 2023.

Menurutnya musim kemarau tahun ini sudah menyebabkan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di daerahnya, namun sejauh ini masih dapat dikendalikan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Satpol PP serta masyarakat peduli api (MPA).

"Terpenting adalah masyarakat supaya menjaga jangan sampai membakar sembarangan, karena sekarang titik api sudah luar biasa," ujarnya.

Untuk dua taman nasional, yaitu TN Sebangau dan TN Bukit Raya Bukit Baka, kata Sakariyas sampai saat ini masih aman dari Karhutla.

Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini menginbau kepada masyarakat daerahnya untuk menahan diri tidak membakar lahan dan hutan pada musim kemarau ini. Sebab, jika hal ini tidak diindahkan maka yang bersangkutan bakal berurusan dengan masalah hukum.

"Sejauh ini belum ada warga Katingan diamankan gara-gara karhutla,  dan saya tidak mau melihat masyarakat Katingan ini ada yang berurusan dengan hukum karena karhutka itu," tambah Bupati Katingan Sakariyas. (ABDUL GOFUR/Y)

Berita Terbaru