Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 20 Enumerator di Barito Selatan Turun Kelapangan Sukseskan SKI

  • Oleh Uriutu
  • 16 Agustus 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 20 enumerator di Barito Selatan turun kelapangan untuk menyukseskan kegiatan Survei Kesehatan Indonesia atau SKI.

“Para enumerator yang akan turun ke lapangan untuk mengumpulkan data kesehatan yang akan dilaksanakan hingga 2 Oktober 2023 mendatang,” kata Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan, Rabu 16 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, sebanyak 20 orang yang terdiri dari perawat, bidan, dan ahli gizi nantinya akan bertugas mengumpulkan data sub sampel di 620 rumah tangga pada 42 kelurahan dan desa yang tersebar di enam kecamatan.

Data tersebut, lanjut dia, nantinya akan dikompilasi provinsi dan pusat.

Ia menyampaikan Pemkab Barsel akan mengawal dan memfasilitasi tim enumerator yang akan turun kelapangan untuk menyusun dan mengumpulkan data kesehatan tersebut.

Tujuannya, sambung dia, untuk menilai status kesehatan masyarakat, termasuk status gizi anak.

Data itu nantinya akan menjadi data dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan pusat dan daerah.

“Kita berharap kepada semua pihak mendukung kegiatan yang dilaksanakan enumerator ini, agar kegiatan survey tersebut bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan data yang valid,” harap dia.

Menurut dia, data tersebut nantinya dapat digunakan untuk penanganan stunting, dan peningkatan pelayanan kesehatan maupun dalam peningkatan gizi bagi anak-anak yang ada di daerah ini.

Sementara Asisten I Setda Barito Selatan, Yoga P Utomo menambahkan kegiatan SKI ini sejalan dengan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan angka stunting.

“Survey ini akan memberikan arah bagi intervensi yang kita laksanakan dalam upaya penurunan angka stunting, dan kegiatan ini untuk mengukur keberhasilan kita dalam melakukan penanganan stunting,” tambah dia.

Berita Terbaru