Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Unik Warga Sinar Fajar Sampit Kenang Jasa Pahlawan Saat Malam Peringatan HUT ke-78 RI

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 Agustus 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Perumahan Sinar Fajar RT 041, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memiliki cara unik untuk mengenang jasa para pahlawan saat malam peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), Rabu, 16 Agustus 2023.

Malam itu, pemandangan berbeda nampak di seputaran perempatan Perumahan Sinar Fajar. Berlembar-lembar daun pisang digelar. Warga pun sibuk menyusun nasi dan lauk pauk per porsi di atasnya.

"Malam hari ini alhamdullah kami dapat berkumpul selain silaturahmi sesama warga juga tasyakuran karena malam ini malam kemerdekaan," kata Ketua RT 041 Marno.

Warga dari anak-anak hingga orang tua berkumpul memanjatkan doa untuk para pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan RI.

"Tradisi ini dikenal dengan nama bancaan. Menyantap makanan bersama dengan suasana kekeluargaan sekaligus mengenang jasa pahlawan. Tahun lalu pun kami juga menggelarnya," ujar Marno. 

Selain bancaan, warga Perumahan Sinar Fajar juga mengadakan berbagai perlombaan. Hal ini untuk menanamkan cara menghargai pahlawan, karena perjuangannya Rakyat Indonesia merasakan kemerdekaan. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru