Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng ini Berharap Penegakkan Hukum Bisa Lebih Baik

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Agustus 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penegakkan hukum khususnya di Indonesia masih ada kesan tumpul keatas tajam kebawah yang artinya ada kesenjangan antara si miskin dan si kaya, dan ini kerap terjadi serta dirasakan masyarakat.

Pada momentum HUT RI ke 78 tahun ini diharapkan penegakkan hukum di Indonesia khususnya Kalteng bisa lebih baik dan tidak ada lagi kesan tumpul keatas tajam kebawah, sebab pada hakikatnya hukum itu tidak memandang antara si miskin dan si kaya.

"Artinya dimata hukum semua memiliki kedudukan sama, siapa yang bersalah ya di hukum. Kita sangat berharap hukum di negara ini memiliki keadilan, tidak pandang bulu," ucap Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati, Jumat, 18 Agustus 2023.

Menurut Kuwu, dalam penegakkan hukum itu sudah diatur berdasarkan undang-undang dan aturan-aturan yang berlaku, sehingga jangan sampai aturan tersebut dilanggar oleh pihak-pihak penegak hukum karena memandang berdasarkan kuasa, pangkat dan jabatan.

"Aturan menegakkan hukum harus berdasarkan undang-undang yang belaku, kembali lagi jangan ada kesan tumpul ketas tajam kebawah. Hukum itu tidak memandang pangkat dan jabatan seseorang semuanya sama dimata hukum, sama-sama tajam," ujarnya.

Di sisi lain, melihat kondisi saat ini di mana masyarakat kecil atau tidak mampu kerap kali kesulitan mendapatkan perlindungan maupun bantuan hukum, Kuwu menyarankan agar biro hukum membuat suatu kebijakan atau program bantuan gratis bagi masyarakat tidak mampu.

"Saat ini banyak sekali masyarakat tidak mampu yang kurang mendapat perhatian perlindungan maupun bantuan hukum. Jadi kita menyarankan adanya suatu program dari pihak biro hukum, sehingga masyarakat tidak mampu pun bisa mendapatkan bantuan hukum gratis," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru