Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Pemekaran Provinsi Kalteng, Ini Tanggapan H Abdul Rasyid AS

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Agustus 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun – Terkait masalah pemekaran Provinsi Kalteng yang saat ini masih terus diperjuangkan, mendapat respon positif dari tokoh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang juga seorang Pengusaha Nasional, H Abdul Rasyid AS.

Menurut Owner Citra Borneo Indah (CBI) Group tersebut, dengan luasan wilayah Provinsi Kalteng yang 1,5 kali dari Pulau Jawa ini, sudah selayaknya bisa dimekarkan menjadi beberapa provinsi.

“Sebagai gambaran, dengan luasan ini bila dibandingkan dengan Pulau Jawa berapa provinsi dan berapa banyak kabupaten yang ada di wilayah Kalteng ini, terlebih sumber daya alam di masing-masing daerah di Kalteng saat ini memiliki keunggulan tersendiri serta penduduk yang masih sedikit,” ujar H Abdul Rasyid AS, Selasa, 22 Agustus 2023.

Bila pemekaran tersebut bisa terwujud, H Abdul Rasyid AS yakin masing-masing wilayah yang dimekarkan, termasuk Provinsi Kalteng sendiri bisa lebih maju lagi untuk mengelola daerahnya.

“Namun kondisi daerah kita saat ini masih dianggap biasa-biasa saja dari segi ekonomi dan industri bila dibandingkan daerah lain. Walau demikian, jangan sampai hal tersebut membuat kita menjadi kecil hati dan minder dengan kemajuan daerah lain,” ujar H Abdul Rasyid AS.

Meski pemekaran provinsi saat ini sebenarnya sudah seharusnya dan wajar bila dilakukan, menurut H Abdul Rasyid AS, semua juga harus tetap menghormati adanya moratorium pembentukan daerah baru yang masih belum dicabut oleh pemerintah pusat.

“Harapannya tetap hormati aturan pemerintah dan sikapi kenapa moratorium tersebut masih diberlakukan. Menurut perkiraan saja, bisa jadi saat ini masih ada keterbatasan masalah anggaran di pemerintah pusat untuk mencabut moratorium yang memicu adanya pemekaran daerah baru," ungkapnya.

"Namun kita harus terus optimis hal tersebut bakal terwujud. Semoga 2 atau 3 tahun lagi, perekonomian negara kita semakin membaik dan cita-cita terwujudnya pemekaran provinsi baru yang terpisah dari Kalteng, bisa terwujud,” demikian H Abdul Rasyid AS menyampaikan. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru