Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MPA MB Ketapang Berjibaku Padamkan Api Setiap Hari

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Agustus 2023 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat peduli api (MPA) Kecamatan Mentawa Baru Ketapang  (MB Ketapang) harus berjibaku memadamkan api setiap hari sejak awal Agustus 2023.

"Kebakaran meningkat drastis saat bulan Agustus. Bulan Juli tidak ada pemadaman karena terbantu hujan," kata Ketua MPA MB Ketapang Fahmi Rudin, Jumat, 25 Agustus 2023.

Setiap hari Poslap MB Ketapang yang beranggotakan 7 orang dari TNI-Polri dan MPA menghalau apai 2 hingga 3 kali. Bahkan saat melakukan pemadaman di lapangan pihaknya sempat mendapat laporan, sehingga tidak dapat tertangani di lokasi lain.

"Kemarin kita ada 2 lokasi di Jalan MT Haryono Barat itu pendinginan kurang lebih 100 kali 200 dan pemadaman di Jalan Moh Hatta Gang Bumi Raya," ujarnya.

Menurutnya, kebakaran terluas yang ia tangani berada di Desa Ekabahurui lahan terbakar seluas 7 hektar. Kendala medan dan sumber air mengakibatkan tim harus meminta bantuan pemadaman dari udara menggunakan Water Bombing.

"Peralatan pemadam kita lengkap dari kecamatan ada 3 alkon, 5 rol selang 1 inci setengah dan 5 Rol selang 2 inci. Namun kendala kami sering kali pasokan air. Karena lokasi sering jauh dari sungai dan embung," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru