Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DP3AP2KB Kobar Ingatkan Hal ini Jika Berkarir di Luar Negeri

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 28 Agustus 2023 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Enter (LPP Enter) Pangakalan Bun telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Karir bertemakan peluang dan tantangan berkarir di Jepang, pada Senin, 28 Agustus 2023 pagi. 

Seminar diikuti sekitar 508 peserta dari LPP Enter Pangkalan Bun dengan menghadirkan beberapa pembicara hebat. Salah satunya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kobar Agus Basrawiyanta.

Dia berkata bahwa peluang berkarir di luar negara Indonesia memang sangat besar, terlebih setiap negara mempunyai budaya yang berbeda-beda sehingga banyak hal yang dapat dipelajari khususnya bagi warga Kabupaten Kobar. 

Peluang karir di luar negeri tentu akan mendapatkan keuntungan bagi warga itu sendiri, seperti dapat meningkatkan perekonomian. Untuk itu, ada hal yang perlu diingat apabila bekerja di luar negeri terutama di negara Jepang tersebut. 

"Pertama peningkatan disiplin, harus rajin, artinya disipilin waktu, disiplin bekerja, disiplin anggaran, dan disiplin pelaporan, semuanya harus disiplin, maka harus ada pencatatan dengan baik," jelas Kadis P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta.

Kemudian, lanjutnya, selain harus menguasai bahasa setempat, diharuskan juga calon pekerja agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Namun, tak hanya itu saja, adapun hal penting lain yang harus diperhatikan oleh calon pekerja yaitu menjaga etika dan sopan santun di negara luar. 

"Rajin bertanya, rajin bekerja, dan rajin melaksanakan tugasnya, dan tentu saja dua hal lain yang sangat penting, adalah peningkatan attitude ((etika) dan etiket yakni perilakunya," pungkas Kadis P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta. (NURITA/H)

Berita Terbaru