Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Meningkat, Dinkes Kalteng Imbau Penggunaan Masker Bagi Masyarakat

  • Oleh Marini
  • 29 Agustus 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), seperti Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang mengalami peningkatan cukup tinggi.

Bahkan seperti di Kotim kabut asap sudah mulai terjadi saat malam hari hingga pagi hari, Hal itupun menjadi perhatian Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul. 

"Sampai saat ini status kita masih siaga ya, berdasarkan alat pemantau udara itu kita masih biru. Pada dasarnya pemakaian pakai masker itu dianjurkan, terutama pada saat beraktivitas diluar ruangan," ucapnya, Selasa 29 Agustus 2023.

Berdasarkan data update Karhutla BPBD Kota Palangka Raya, terkhusus wilayah Kota Palangka Raya tertanggal 28 Agustus 2023. Terdapat 187 kejadian Karhutla dengan luas 117,19 hektar.

"Karhutla kita meningkat. Di Kota Palangka Raya sendiri wilayah yang paling banyak terjadi berada di Kecamatan Jekan Raya 104 kejadian, Sebangau 48 kejadian, Pahandut 30 kejadian, Bukit Batu 5 kejadian," kata Plt BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani. Selasa 29 Agustus 2023.

Ujar Emi tertanggal 26 Agustus 2023 lalu, kejadian Karhutla sebanyak 178 kali dengan luas 107,94 hektar. Faktor penyebab Karhutla didominasi akibat aktivitas masyarakat. Terlebih lagi kondisi lahan yang kering akibat kemarau. (MARINI/H)

Berita Terbaru