Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apresiasi Desa Pasir Panjang Sebagai Juara Harapan ADWI 2023

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Agustus 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah memberikan penghargaan juara harapan kepada Desa Pasir Panjang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 ini.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Rusdi Gozali, memberikan apresiasi atas capaian yang di raih oleh desa Pasir Panjang, capaian tersebut sebagai motivasi untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan potensi desa.

"Kami menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya juara harapan bagi Desa Pasir Panjang, atas prestasinya meraih juara Harapan kategori Homestay dan Toilet pada ADWI 2023," kata M Rusdi Gozali.

Ia menyebutkan, jika dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 ini, Desa Pasir Panjang telah berhasil menyisihkan 4.575 desa se Indonesia, dan desa Pasir Panjang masuk 75 desa terbaik di Indonesia yang memiliki keunikan dalam destinasi wisata budaya dan alam.

Menurut Rusdi Gozali, untuk masuk sebagai nominasi 75 desa terbaik di Indonesia saja bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kerja keras dan kekompakan dari seluruh element masyarakat desa Pasir Panjang itu sendiri, sebab dalam penilaian ADWI tim penilai memilki 5 kategori yang harus di penuhi. 

"Keunikan desa Pasir Panjang Sebagai desa yang mempertahankan budaya lokal hal yang sangat menarik bagi wisatawan, Desa Pasir Panjang berada di tengah jantung kota Pangkalan Bun, hingga saat ini masih mempertahankan adat budaya yang di wariskan oleh leluhur, selain itu juga desa Pasir Panjang masih mempertahankan keasrian alam yakni di jurung tiga," tuturnya.

Menurut Rusdi, sebelum desa Pasir Panjang, Desa Sekonyer pun mendapatkan penghargaan dalam ADWI pada tahun 2022, hal itu membuktikan potensi desa di Kobar ini sangat besar untuk di gali sebagai destinasi wisata, melalui pengembangan destinasi wisata desa ini tentunya akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. 

"Desa diberikan kewenangan untuk mengelola potensi desa, sehingga seluruh desa di Kobar diharapkan dapat berinovasi, sebab potensi desa selain akan mendapatkan pendapatan bagi desa juga sebagai upaya percepatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Dengan adanya pemanfaatan potensi desa, hal itu untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, yang tentunya dengan adanya krisis global ini sangat dibutuhkan keberanian bagi desa dalam meningkatkan perekonomian.  (DANANG/H)

Berita Terbaru