Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Imbau Masyarakat Gunakan Masker guna Antisipasi Gangguan Kesehatan Akibat Asap

  • Oleh Donny Damara
  • 02 September 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang diakibatkan asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh mengimbau masyarakat agar menggunakan masker.

Karhutla yang terjadi di wilayah Kalteng saat ini begitu marak, hal itu lantaran sekarang sedang musim kemarau. Asap yang ditimbulkan pun sudah mulai terlihat sehingga mengakibatkan polusi udara, kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari asap ini yakni diantaranya ISPA. Maka dari itu penggunaan masker hendaknya bisa menjadi salah satu yang dapat diterapkan dan dipatuhi oleh masyarakat khususnya di wilayah Kalteng" ucapnya, Sabtu, 2 September 2023.

Gangguan kesehatan yang diakibatkan polusi udara dari karhutla yakni ISPA bisa menyerang siapa saja, namun yang paling rentan yaitu anak-anak. Sehingga, para orang harus dapat menekankan anak-anaknya untuk menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah misalnya sekolah.

"Para orang tua harus bisa mengedukasi anak-anaknya tekait gangguan kesehatan yang diakibatkan polusi udara dan pentingnya menggunakan masker. Jangan sampai banyak anak-anak yang terkena ISPA, apalagi saat ini sekolah masih berjalan," ujarnya.

Di sisi lain, ia pun menyarankan kepada daerah yang saat ini kabut asapnya tebal supaya dapat mempertimbangkan untuk meliburkan sekolah sementara waktu. Hal ini perlu dilakukan guna melindungi anak-anak dari polusi udara yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit utamanya ISPA.

"Ketika situasi sudah tidak memungkinkan hendaknya pemda maupun pihak sekolah mengambil langkah untuk meliburkan anak-anak dari aktivitas belajar di sekolah. Namun jika masih dalam kondisi tidak terlalu bahaya maka tekankan penggunaan masker, karena ini penting untuk kesehatan," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru