Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasi Zebra Telabang 2023 Dimulai, ini Jenis Pelanggaran Terbanyak Dilakukan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 September 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Usai Apel Operasi Zebra Telabang 2023 yang digelar di Mapolres Kotawaringin Barat (Kobar), Senin, 4 September 2023, Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menjelaskan jenis pelanggaran terbanyak yang seringkali dilakukan penguna jalan di Bumi Marunting Batu Aji.

Jenis pelanggaran tersebut yaitu tidak digunakannya helm dengan spesifikasi SNI oleh para pengguna kendaraan bermotor roda 2.

"Memang pelangaran jenis lain juga ada, seperti memodifikasi kendaraan tidak sesuai peruntukannya seperti penggunaan knalpot brong, balap liar, pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman hingga kendaraan yang melawan arus. Namun paling banyak ditemukan adalah tidak digunakannya helm saat mengendarai motor," jelas Kapolres.

Kapolres mengatakan pelanggaran tersebut bisa dilihat secara jelas hampir di setiap ruas jalan di dalam dan luar kota Pangkalan Bun.

"Jangankan di jalan yang berlokasi dipinggiran, di jalan dalam kota yang mempunyai status Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) pelangaran berupa tidak digunakannya helm saat berkendara sudah sangat banyak ditemui. Walaupun seringkali ditindak oleh anggota satlantas, tetap saja masih banyak pengendara yang terkesan menyepelekan alat pengaman diri saat berkendara ini," jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, walaupun sesuai petunjuk pelaksanaan operasi Zebra Telabang 2023 yang digelar 4 - 17 September 2023 ini lebih mengedepankan upaya pre-emtif atau tindakan imbauan atau persuasif, namun tetap saja pelanggaran aturan berlalu lintas yang dianggap layak dikenai sanksi tegas, tentunya petugas bakal melakukan tilang.

"Misalnya balap liar, pengunaan knalpot brong dan tidak menggunakan helm tentunya bakal dikenai sanksi tilang. Karena itulah kami mengimbau seluruh masyarakat agar mulai sekarang bisa mulai mengingatkan diri sendiri agar bisa tertib berlalu lintas. Lanaran hal tersebut bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan terrtib berlalu lintas, kita bisa mencegah timbulnya kecelakaan yang berpotensi membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain," jelas Kapolres. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru