Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Gunakan Digital Secara Bijak untuk Pemilih Muda

  • Oleh Marini
  • 13 September 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemilihan Umum dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemilu ini akan memilih Presiden dan Wakil Presiden dan Memilih Calon Anggota Legislatif ( Anggota DPR RI, DPRD dan DPD RI).

Kemudian, akan melaksanakan Pemilihan Serentak pada hari Senin, 27 November 2024 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota dari 548 daerah pemilihan, yaitu 37 Provinsi, 415 Kabupaten, dan 98 Kota.

"Di Provinsi Kalimantan Tengah, tingkat partisipasi pemilih masih rendah masuk dalam 5 kategori terendah se-Indonesia pada tahun 2019. Pada Pemilu 2024 nanti, diharapkan trend partisipasi masyarakat dapat lebih meningkat terutama bagi generasi muda," ucap Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong, Rabu, 13 September 2023.

Ia mengkhawatirkan, di era serba digital ini penggunaan teknologi didominasi generasi muda yang rentan menerima informasi hoax. Hal inilah menjadi tantangan bagi pihaknya untuk gencar melaksanakan sosialisasi ke kampus, salah satunya di Universitas Palangka Raya (UPR).

"Banyaknya pemilih dari generasi muda menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara dan peserta pemilu. Tantangan itu diantaranya adalah perlunya literasi demokrasi, pendidikan politik, dan terkait bahaya penyebaran hoaks pada tahun politik," bebernya.

Sementara itu, Rektor UPR Salampak Dohong menambahkan teruntuk anak didiknya diharapkan saat menerima informasi di saring dulu, sebelum di sharing. Jangan sampai terprovokasi terhadap informasi yang beredar di digital.

"Mahasiswa juga diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, internet, dan media sosial untuk menyaring, memilah, dan memilih informasi yang pada akhirnya layak digunakan untuk membuat keputusan secara bijak," harapnya. (MARINI/J)

Berita Terbaru