Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Murung Raya: Perlu Usaha dan Dukungan dalamPengelolaan Sampah

  • Oleh Trisno
  • 18 September 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Hermon membuka pelatihan pengelolaan sampah yang digagas oleh dinas Lingkungan Hidup (DLH) Murung Raya.

Dalam pelatihan ini DLH Murung Raya langsung menghadirkan pakar yang ahli di bidangnya dari Yogjakarta.

Sekda Mura Hermon mengatakan, isu pengelolaan sampah merupakan salah satu isu strategis nasional yang penyelesaiannya tidak dapat dilakukan secara parsial atau fragmentaris namun perlu dilakukan usaha dan dukungan menyeluruh secara komperensif dari hulu sampai hilir.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Narasumber dan peserta pelatihan ini. Acara ini sangat luar biasa karena bisa menghadirkan beberapa pakar pengelolaan sampah,” terangnya.

Dari sisi pemerintah, kata Sekda, telah dilakukan berbagai upaya melalui kebijakan dan peraturan yang telah dikeluarkan. Mulai dari UndangUndang tentang Pengelolaan Sampah No 18 tahun 2008, Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstranas).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mura Donal menyebut, para peserta dari beberapa Kecamatan dengan total puluhan peserta termasuk bagian sampah dari DLH. Para peserta akan diberikan pelatihan oleh narasumber dari Yogjakarta.

“Semoga pelatihan ini ada manfaatnya dan berguna bagi kesehatan, lingkungan dan dapat mensejahterakan masyarakat, sesuai dengan tema yaitu “Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat Menuju Mura Emas 2030,” tutupnya. (Trs)

Berita Terbaru