Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Bappedalitbang Kalteng: Perencanaan Alokasi Air Penting dalam Sosial Ekonomi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 28 September 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng, Leonard S Ampung menilai perencanaan alokasi air memiliki peran penting dalam sosial ekonomi.

Leonard menjelaskan, semakin bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya kehidupan sosial-ekonomi masyarakat meningkatkan kebutuhan air.

Walaupun terjadi peningkatan kebutuhan air, berbanding terbalik dengan segi kuantitas ketersediaan air cenderung tetap.

”Hal ini menyebabkan air menjadi sumber konflik kepentingan yang semula hanya bersifat antar individu atau kelompok masyarakat pengguna air,” tutur Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Mentaya-Katingan ini, dalam keterangannya, Rabu, 27 September 2023.

Selain itu, dikhawatirkan dengan adanya otonomi daerah akan berpotensi meningkatkan konflik antar Kabupaten/Kota yang tidak diinginkan.

Ia mengingatkan perlunya perencanaan alokasi air yang adil, efisien dan berkelanjutan, agar sumber daya air yang ada dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat/pengguna di seluruh DAS atau wilayah sungai. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru