Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pra Operasi Mantap Praja, Kawal Pemilu 2024 di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Oktober 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel terkait pengamanan Pemilu serentak tahun 2024, Polres Lamandau bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau menggelar Latihan Pra Operasi (Pra Ops) Mantap Praja.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan jika kegiatan Latihan Pra Operasi Mantap Praja dilaksanakan untuk flashback. Serta memberikan pengetahuan secara detail kepada seluruh anggota tentang keadaan, situasi Kamtibmas dan cara bertindak di lapangan saat Pemilu 2024.

“Ini dilakukan untuk flashback, Karena kita sudah sering melaksanakan pengamanan Pemilu, namun jangan underestimate. Karena situasi setiap pelaksanaan Pemilu akan berbeda, oleh sebab itu menuntut kesiapansiagaan kita sebagai anggota Polri,” jelas Kapolres, Senin, 16 Oktober 2023.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel yang mengikuti Latihan Pra Ops Mantap Praja, untuk menyimak arahan dan paparan yang akan disampaikan oleh para narasumber sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal ini penting, kata Kapolres, agar seluruh personel nantinya dapat melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan yang ada dan tetap menjunjung tinggi netralitas Polri dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Untuk pelaksanaan Operasi Mantap Praja dilaksanakan dengan mengedepankan sinergisitas antara instansi, TNI, Polri, pemerintah daerah dan penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu. Ini bertujuan untuk menciptakan suasana Pilkada yang aman, damai dan sejuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Lamandau, Aria Yudistira menjelaskan sejumlah tahapan yang telah dan tengah dilaksanakan pihaknya. Sejauh ini KPU telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) dan tengah membuka posko pelayanan pindah memilih.

Untuk penetapan daftar calon tetap (DCT) pada pemilihan legislatif baru akan dilaksanakan pada 3 November 2023 dan akan diumumkan pada 4 November 2023 mendatang. Pada masa pencermatan bakal calon legislatif, KPU membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan.

Aria juga menjelaskan jika pada teknis perhitungan suara di Pemilu serentak tahun 2024 ada sedikit perbedaaan dibanding pemilihan umum sebelumnya. Meski dalam prosesnya nanti tetap menerapkan sistem perhitungan suara satu panel.

“Ada hal yang baru pada pelaksaan Pemilu 2024, nanti setelah pelaksanaan pemungutan suara di TPS, logistik pemilu akan di geser langsung ke PPK untuk dilakukan penghitungan, jadi penghitungan surat suara tidak di lakukan di TPS,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru