Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hewan Diduga Kucing Hutan Nyasar ke Pemukiman Warga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Oktober 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kristin, seorang guru sekolah dasar pada Jumat, 20 Oktober 2023 melapor kepada RSAT Palangka Raya, aktivis yang bergerak dalam kesejahteraan hewan, bahwa di area rumahnya terlihat seekor "kucing" liar. Kristin mengirimi foto serta meminta bantuan RSAT untuk membuat pengumuman kalau ada yang merasa kehilangan kucing ini area Jl Bukit Indah 4 agar bisa menghubunginya.

Pengelola RSAT Palangka Raya, Agung Priantoko menduga dari foto tersebut bahwa itu bukan kucing biasa melainkan spesies Kucing Hutan.

"Saya langsung mendatangi rumah Bu Kristin untuk melihat secara langsung karena dugaan saya itu bukan kucing biasa dan ternyata memang benar, dugaan saya ini salah satu jenis kucing hutan yang dilindungi," kata Agung kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Didampingi Candra Noprizal, Anggota Komunitas Reptil Palangka Raya, Agung kemudian mengevakuasi kucing hutan tersebut meski dengan berbagai kendala.

"Jujur saja kalau saya kurang berpengalaman menangani satwa liar atau wild life, makanya saya minta bantuan rekan yang punya pengalaman dengan satwa liar," tutur Agung lagi.

Proses evakuasi pun berlangsung alot. Tidak seperti menangkap dan mengandangi kucing biasa, Agung dan Candra harus berupaya maksimal untuk menangkap kucing hutan yang diperkirakan masih berusia muda ini.

"Sekarang kucing hutannya kami titipkan di Klinik Hewan Palangka Raya sementara kami berkoordinasi dengan pihak terkait yang menaungi soal satwa liar," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru