Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan "Bertarung" dengan Predator Puncak Kalimantan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Oktober 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengelola RSAT Palangka Raya, relawan yang bergerak dalam kesejahteraan hewan, Agung Priantoko sempat "bertarung" dengan Predator Puncak Kalimantan, kucing hutan. Hal ini terjadi saat Agung yang didampingi Candra Noprizal, Anggota Komunitas Reptil Palangka Raya, mengevakuasi seekor kucing hutan yang tersasar ke rumah masyarakat area Bukit Indah, Palangka Raya.

Disebut bertarung lantaran proses evakuasi yang tidak mudah. Mulai dari mencari keberadaannya yang bersembunyi di daerah gelap hingga proses menangkapnya yang juga tidak mudah.

Candra dibekali dengan sarung tangan karet tebal yang biasa digunakan Agung saat mengevakuasi kucing liar biasa. Sayangnya, ini bukan kucing biasa melainkan kucing hutan yang merupakan Predator Puncak di Kalimantan. Karenanya sarung tangan itupun tidak mampu menghalau tajamnya taring kucing hutan berbulu tembaga dengan tutul hitam ini.

"Karena kita tidak punya pengalaman dengan satwa liar atau wild life maka peralatan yang kita bawapun yang biasanya saya gunakan untuk menangani hewan terlantar biasa seperti kucing dan anjing kampung saja. Cukup kesusahan juga sampai tangan saudara Candra terluka kena taringnya," kata Agung kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Data yang dihimpun Borneonews, jenis macan dahan yang disebut pada lampiran peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi ini adalah Neofelis nebulosa diardi, atau yang kerap disebut Macan Dahan.

Para aktivis konservasi juga merayakan Hari Macan Dahan Sedunia atau World Clouded Leopard Day setiap tanggal 4 Agustus sebagai penanda perlindungan satwa liar tersebut.

Satwa ini didapuk sebagai Predator Puncak di Kalimantan karena tidak ada lagi hewan predator yang lebih tinggi dari Kalimantan selain Kucing Hutan. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru