Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kucing Hutan Langka Ditemukan di Pemukiman Warga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Oktober 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kucing hutan yang terbilang sudah langka ditemukan di pemukiman warga Palangka Raya pada Jumat, 21 Oktober 2023. Kucing hutan ini terbilang langka lantaran populasinya yang sudah tidak banyak.

"Kami kemarin dapat laporan dari warga bahwa ada kucing nyasar, ternyata itu kucing hutan yang langka jadi kami amankan dulu sementara," kata Pengelola RSAT Palangka Raya, relawan yang bergerak dalam kesejahteraan hewan, Agung Priantoko kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Menurut Agung, hingga saat ini belum banyak publikasi mendalam mengenai spesies kucing liar dilindungi tersebut, baik dari segi perilaku maupun persebaran dan kepadatan populasi.

"Kami juga kekurangan informasi bagaimana menangani satwa liar ini makanya kami akan koordinasikan dengan pihak yang memang menangani mengenai satwa liar atau wild life," tutur Agung lagi.

Kucing merah terbilang masih minim data karena area survei yang terbatas. Satwa ini kurang mendapat perhatian tidak seperti orangutan. Akan tetapi, perkembangan populasinya tidak pasti. Data yang dihimpun Borneonews, jenis macan dahan yang disebut pada lampiran peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi ini adalah Neofelis nebulosa diardi, atau yang kerap disebut Macan Dahan.

Catatan para peneliti dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, mencatat populasi macan dahan diperkirakan 5.000-11.000 ekor, masih sama dengan perkiraan tahun 2007.

Macan dahan Neofelis nebulosa diardi ini termasuk ke dalam ordo karnivora keluarga kucing. Macan dahan merupakan satwa langka yang dimiliki oleh Indonesia. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru