Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Video Buaya Berukuran Besar, Begini Kata BKSDA Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 November 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Baru-baru ini, beredar video buaya berukuran besar yang dikabarkan ada di samping rumah warga di Kelurahan Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Video berdurasi 17 detik tersebut memperlihatkan seekor buaya sedang berdiam saat malam hari. Dalam video tersebut, terdengar suara membincangkan ukuran buaya lumayan besar dan menimbulkan suara, sehingga warga menyadari keberadaannya.

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit mengatakan, belum ada laporan terkait kemunculan buaya di Kelurahan Samuda. Pihaknya akan menelusuri informasi tersebut. 

"Kalau dilihat video ini, itu jenis buaya muara dan berukuran cukup besar," ujarnya.

Dia melanjutkan, pihaknya sudah sering menyampaikan agar warga yang tinggal di tepi Sungai Mentaya dan Cempaga untuk terus berhati-hati dan waspada saat beraktifitas di sungai, terutama saat gelap atau malam hari.

"Karena di akhir kemarau dan masuk musim penghujan adalah masa kawin dan bertelur buaya," ujarnya.

Saat musim kawin dan bertelur, buaya menjadi lebih sensitif, agresif atau mudah menyerang dan menjadi lebih sering menampakan diri.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak memelihara ternak di atas atau di tepi sungai dan tidak membuang bangkai binatang serta sampah rumah tangga ke sungai. Sebab, hal tersebut mengundang buaya sampai ke perairan sekitar pemukiman. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru