Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamat Sarankan Tingkatkan Literasi Keuangan Cegah Penipuan

  • Oleh Marini
  • 05 November 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perkembangan teknologi membuat akses terhadap keuangan makin mudah. Namun, kondisi ini juga terkadang dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan. Dikhawatirkan, masyarakat yang kurang edukasi dapat terjebak dalam aksi tersebut. 

Untuk itu, Pengamat Ekonomi, Kota Palangka Raya, Kalteng, Miar P Bakar menyarankan agar pemerintah terutama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat meningkatkan literasi keuangan. Sehingga, masyarakat tidak mudah percaya dengan modus-modus yang ditawarkan oknum penipuan. 

"Hal ini penting agar kedepan masyarakat tidak mudah terjebak perangkap penipuan online. Sebab, penyebab utamanya adalah karena banyak yang belum paham bagaimana literasi keuangan yang baik," katanya, Minggu, 5 November 2023.

Menurut Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya ini, edukasi juga harus dapat dilakukan menyasar pada tingkat sekolah karena mereka juga masuk kategori rentan. 

"Akan lebih baik jika pemahaman literasi keuangan ini dapat dimasukkan dalam mata pelajaran khusus," sarannya. 

Ia juga menyampaikan, literasi keuangan merupakan bentuk investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan.

Ia pun berharap, pemerintah, OJK dan lembaga jasa keuangan lainnya dapat saling berkolaborasi melakukan pengawasan terhadap transaksi keuangan, terutama di ruang digital. 

Selain itu, tindakan tegas juga perlu dilakukan terhadap perbankan atau lembaga keuangan yang terbukti salah. 

"Untuk menangani penipuan online ini perlu ada kolaborasi dengan banyak pihak. Bukan hanya pemerintah, tapi juga dari masyarakatnya. Jangan mudah percaya, jika ada informasi yang belum pasti akan lebih baik di cek kembali," jelasnya.

Ia juga memberitahukan, literasi keuangan dapat mendukung pertumbungan kekayaan finansial. Misalnya dengan memiliki literasi keuangan yang cukup, maka dapat menentukan produk investasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tidak mudah tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (MARINI/Y)

Berita Terbaru